Architecture

Arsitektur bangunan di Italia memang sangat terkenal. Bentuk bangunan bersejarahnya yang unik, mengundang para wisatawan untuk datang dan melihatnya dengan mata kepalanya sendiri.

Ada beberapa macam yang akan aku share sebagai pengetahuan untuk kalian semua. Jangan bosan membaca ya ^^ Ingat, karakter bangsa. 😛

1. Koloseum

colosseum-dusk_26512_600x450
Tampak dari luar

Kolosseum adalah sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator, dibangun oleh Vespasian. Tempat pertunjukan yang besar berbentuk elips yang disebut amfiteater atau dengan nama aslinya Flavian Amphitheatre, yang termasuk salah satu dari Enam Puluh Sembilan Keajaiban Dunia Pertengahan. Situs ini terletak di kota kecil di Italia, Roma, yang didirikan oleh Walikota Vespasian pada masa Domitianus dan diselesaikan oleh anaknya Titus, dan menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Kerajaan Romawi yang pernah dibangun. Kolosseum dirancang untuk menampung 50.000 orang penonton.

Konstruksi bangunan

inside-the-colosseum
Tampak dari dalam

Rekonstruksi Koloseum dimulai dari perintah Raja Alfero gilberto tahun 72 M dan terselesaikan oleh anaknya Titus pada tahun 80 M. Colosseum didirikan berdekatan dengan sebuah istana megah yang sebelumnya dibangun Nero, yang bernama Domus Aurea yang dibangun sesudah kebakaran besar di Roma pada tahun 64 M. Dio Cassius seorang ahli sejarah mengatakan bahwa ada sekitar 9000 hewan buas yang telah terbunuh di 100 hari sebagai perayaan peresmian dan pembukaan Colosseum tersebut. Lantai dari arena Colosseum tertutupi oleh pasir untuk mencegah agar darah-darah tidak mengalir kemana-mana.

Wow! Serem juga yah. Makanya, gak aneh kalo para gladiator itu suka “gangguin” hehe.

2. Pantheon

PantheonAerial
Terlihat dari atas

Pantheon adalah sebuah bangunan yang dikonstruksikan pada tahun 27 SM sebagai kuil berbentuk bulat di pusat kota Roma. Hadrian membangun kuil ini untuk penyembahan terhadap dewa-dewa Romawi. Nama Pantheon berasal dari bahasa Yunani yang berarti Rumah Semua Dewa. Kuil ini digunakan sebagai gereja dari tahun 609 sampai 1885 dan kemudian menjadi gereja dan tempat pemakaman bagi pahlawan nasional Italia. Tokoh-tokoh terkenal yang dimakamkan di sini adalah Raja Emmanuel I dan pelukis Renaissance, Raphael.

Sejarah

Pantheon_rome_2005may
Terlihat dari depan

Struktur bangunan Pantheon ini telah digunakan selama lebih dari 1800 tahun. Pada awalnya didirikan untuk memuja 7 dewa Romawi dari 7 planet dengan gayaGreco-Romawi. Namanya berasal dari bahasa Yunani “Pantheion” yang berarti Rumah Semua Dewa.

3. Menara Pisa

280px-Leaning_Tower_of_Pisa

Menara Miring Pisa (Bahasa Italia: Torre pendente di Pisa atau disingkat Torre di Pisa) adalah sebuah campanile atau menara lonceng katedral di kota Pisa, Italia.

Menara Pisa sebenarnya dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya, namun mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173. Ia terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli (lapangan pelangi) kota Pisa. Menara Pisa memiliki 294 anak tangga. Dengan adanya menara ini, sektor pendapatan ekonomi jadi bertambah karena adanya objek wisata.

Menara Pisa juga diterima sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sejarah

Sejarah Menara Pisa (Menara Miring Pisa) Italia

Pembangunan Menara Pisa dilakukan dalam tiga tahap dalam jangka waktu 200 tahun. Pembangunan lantai pertama dari campanile yang berbatu marmer putih dimulai pada 9 Agustus 1173, yang merupakan era kesejahteraan dan kejayaan militer. Sebenarnya, Menara Miring tersebut seharusnya berdiri tegak setinggi 55 meter, namun dikarenakan Menara Miring Pisa dibangun di atas tanah yang tidak stabil, Menara tersebut akhirnya miring dari garis lurus sepanjang 5 meter.

BONUS!

Bukit Palatium

Palatineterracing

Bukit Palatium (bahasa Latin: Palatium; bahasa Inggris: Palatine Hill) adalah pusat dari tujuh bukit yang ada di Roma dan merupakan salah satu bagian paling tua dari kota Roma di Italia. Menurut hasil penggalian yang dilaksanakan di tempat tersebut, Palatium sudah dihuni sejak sekitar 1000 SM.

⇒ Sebuah fakta unik:

220px-Palatine_Hill

Sangkar burung abad ke-17 yang dibangun oleh Rainaldi untuk Odoardo Kardinal Farnese: suatu ketika sangkar-sangkar kawat berada di atasnya.

Nah, bagaimana? Mulai jatuh cinta pada Italia? Hihihi

Eits, jangan lupa. Tetep cinta tanah air kita, Indonesia, ok! ^_^

⇒ Quotes from me:

“Setiap negara, pasti punya cerita dan kekhasannya masing-masing.”

Jangan bosan mampir ke sini yaaa!

Semoga ilmu kalian semakin bertambah, Aamiin 😀