Food(s) of Italy

Oho! Akhirnya… Ini nih yang ditunggu-tunggu XD

“Makanan khas Italia”

Pasti yang kalian kenal cuma spagettipasta, dan pizza! Padahal Italia ini banyak banget jenis “pasta”-nya looh. 😛

Apa aja sih? Yakin mau tau? Ayo aja, tapi…,

Siap-siap ngilerrrrrr kawan! (Yang ngetik aja ngiler wkwk)

Masakan Italia modern telah dikembangkan selama berabad-abad oleh perubahan sosial dan politik yang dapat ditelusuri sejak abad ke-4 SM. Masakan Italia sendiri mendapat pengaruh dari Etruscan, Yunani kuno, Romawi kuno, Bizantium, dan Yahudi. Perubahan yang signifikan terjadi saat Italia mulai mengenal kentang, tomat, paprika, dan jagung. Masakan Italia terkenal karena keanekaragaman daerah dan kelimpahan perbedaan rasa.

Variasi masakan Italia beragam berdasarkan daerahnya masing-masing, yang membentang mulai dari bagian Pegunungan Alpen sampai kawasanMediterania yang beriklim subtropis. Bagi banyak orang di seluruh dunia, masakan Italia yang umum dikenal adalah pizza, pasta, spaghetti, ravioli, lasagna, gelato, espresso.

Kenali satu per satu, yuk. Semoga ngiler! 😛

  1. Pizza

Prijatno.jpg

 

Pizza asli berasal dari Italia dan bisa ditemui di Pizzeria (toko Pizza) yang tiap porsi pizzanya berdiameter kira-kira 30 cm atau lebih, dengan adonan yang telah ditarik tipis. Salah satu rahasia kelezatan Pizza Italia adalah proses pemanggangannya yang dilakukan di dalam oven tradisional dengan bara api. Hal ini dikarenakan jika dipanggang dengan oven listrik, umumnya adonan pizza tipis akan menjadi keras.

2. Pasta

pasta-united1.jpg

Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia. asta berasal dari bahasa Italia “pasta alimentare” yang berarti adonan bahan makanan. Di Eropa, catatan tertulis paling tua tentang makanan serupa mie ditemukan pada hiasan makam orang Etruscan di Italia Tengah yang berasal dari tahun 400 SM.

Untuk lebih lengkapnya, tunggu postingan artikel yang akan aku share nanti ok 😉

3. Lasagna

Lasagna.jpg

Lasagna atau Lasagne adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Lasagna sendiri dapat diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera.

Kulit Lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dipanggang sampai matang.

Sampai sekarang belum pernah coba lasagna /hiks/ Ada yang mau buatin? 😀

4. Gelato

4451972916_d3337ff557.jpg

Gelato adalah kata Italia yang berarti es krim. Tetapi orang-orang khususnya dunia kuliner membedakan es krim dari gelato. Gelato sendiri sudah identik dengan es krim Italia yang khas. Oleh karena itu Gelato sering didefinisikan sebagai “es krim yang sebenarnya”. Dalam sejarahnya, Gelato telah popular pada masyarakat Italia.

Lihat baik-baik es krimnya! Haah, pasti enak banget yah. Beda dari es krim yang lain :3

 

Gelato.jpg Gelato memiliki tiga perbedaan besar dibanding es krim yang Anda kenal. Pertama, gelato memilki kandungan lemak mentega yang lebih sedikit 18-26 persen dari es krim. Kedua, gelato memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibanding es krim. Ketiga, gelato dihidangkan sedikit lebih hangat dari es krim yakni sekitar 10 sampai 15 derajat. Karena itu teksturnya lebih lembut dan rasanya akan lebih nikmat ketika mencair di mulut Anda. Jangan lupakan pula bahwa Gelato menggunakan buah-buahan segar, kacang, coklat, susu, krim, dan tidak menggunakan sirup.

Kebayang? Ngiler pengen ke Italia? XD

Ayo kita pesen tiket penerbangan sekarang juga!! /plak

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s