This is Italy!

Pertama-tama, aku pengen berbagi cerita boleh yaaa ūüėõ

“Kenapa sih aku pilih negara Italia?”

Satu yang paling menarik perhatianku untuk memilih negara ini adalah pengetahuanku tentang sebuah kelompok besar yang berkehidupan ‘gelap’. Ada yang bisa menebak? He he he. Ya, MAFIA.

mafia

Agak menyeramkan yah? Tapi menurutku itu keren XD

Awalnya pun aku gak tau kalo pendiri pertama Mafia itu negara Italia. Berhubung butuh banyak pengetahuan tentang ke-mafia-an untuk cerita¬†action¬†yang sedang kubuat, apa boleh buat… ups.

Hihihii lupakan kawan-kawan. So, mungkin itu aja sedikit curhatku tentang pilihanku pada negara Italia. Di bawah ini, aku akan memberi kalian referensi tempat-tempat wisata + pengetahuan lebih tentang Italia. Semoga bermanfaat! ^^

Kita kenalan sama Italia, yuk.

Sejarah Singkat

Republik Italia adalah sebuah negara kesatuan yang berbentuk republik dengan corak parlementer di Eropa Selatan. Italia berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria, dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen di utara. Selain Semenanjung Italia, negara ini juga meliputi Sisilia, dan Sardinia (dua pulau terbesar di Laut Tengah), beserta banyak pulau lain yang lebih kecil di selatan.

Italia menjadi negara bangsa pada tahun 1861 ketika negara-negara bagian (regional states) di wilayah Italia (sekarang bersama dengan Sardinia dan Sisilia), dipersatukan di bawah Raja Victor Emmanuel II. Era Pemerintahan Parlemen berakhir awal tahun 1920-an ketika Benito Mussolini membangun pemerintahan diktator fasis. Persekutuannya dengan Nazi Jerman telah membawa kekalahan Italia pada Perang Dunia II. Republik Demokrasi menggantikan sistem kerajaan pada tahun 1946 dan sejak itu ekonomi Italia mulai bangkit.

Ibu kota Italia adalah Roma yang diambil dari nama pendirinya, yaitu Romulus yang merupakan raja pertama di Roma. Pada masa awal sejarahnya, Roma atau Romawi terlibat dalam berbagai peperangan, yang akhirnya dapat berkembang menjadi suatu kekaisaran besar yang meliputi hampir seluruh daratan Eropa, Afrika Utara dan Timur Tengah. Kekaisaran yang luas ini dibagi dalam propinsi-propinsi yang dikepalai oleh gubernur. Pusat pemerintahan berada di tangan Kaisar yang berkedudukan di Roma. Kaisar Romawi yang terkenal antara lain adalah Julius Caesar, Augusto, Trajanus dan Hadrian. Pada tahun 395 AD Kekaisaran Romawi terbagi dua, yaitu Romawi Barat dengan pusat pemerintahan di Roma dan Romawi Timur di Konstantinopel, yang kemudian dikenal dengan Istambul. Saat ini Roma dikenal bukan saja sebagai kota tua tetapi juga kota antik dan bahkan disebut sebagai museum hidup Kekaisaran Romawi.

Geografi

Italia terletak di Eropa Selatan tepatnya berada di semenanjung Italia. Letak astronomis Italia terletak antara 35¬įLU dan 47¬įLU, dan 6¬įBT dan 19¬įBT.¬†Luas total Italia adalah 301.230 kilometer persegi. Dari luas total, 294.020 km2¬†merupakan daratan dan 7.210 km2¬†adalah perairan.

Pegunungan Alpen terdapat sebagian besar di perbatasan sebelah utara. Gunung tertinggi di Italia adalah Mont Blanc. Sungai terpanjang di Italia adalah sungai Po dengan panjang 652 km, mengalir dari Pegunungan Alpen di perbatasan barat dengan Perancis menuju Laut Adriatik. Lima danau terbesar di Italia adalah danau Garda, danau Maggiore (namun dibagi dua dengan Swiss), danau Como, danau Trasimeno, dan danau Bolsena.

Italia terletak di titik pertemuan Lempeng Eurasia dan Lempeng Afrika yang menyebabkan seringnya terjadi aktivitas gunung berapi. Ada 14 gunung berapi di Italia. Empat diantaranya aktif seperti gunung Etna, gunung Stromboli, gunung Vulcano, dan gunung Vesuvius. Gunung Vesuvius adalah satu-satunya gunung berapi aktif di daratan Eropa dan terkenal karena meruntuhkan kota Pompeii dan Herculanum.

Mungkin cukup segitu tentang IPS nya. Karena aku tau kalian udah pusing kan bacanya? Sekalipun udah aku pilih point-pointnya aja XD

Postingan berikutnya akan lebih menyegarkan dibanding ini. Lebih banyak pemandangan-pemandangan di Italia yang bisa bikin kalian ngiler pengen kesana ūüėÄ

Cuplikannya:

Italia terkenal memiliki banyak kota yang indah dan bersejarah yang layak dikunjungi untuk menjadi tujuan tempat wisata di Italia. Perjalanan ke kota Italia paling baik dilakukan dengan menggunakan kereta api, karena mengemudi di kota-kota Italia mungkin sangat sulit karena kepadatan arus lalu lintas di jalannya. Apalagi sistem kereta Italia sangat baik dan luas yang tentunya juga cukup murah. Sebagian besar pusat kota di Italia sangat cocok untuk berjalan kaki, apalagi sebagian dari pusat kota mungkin tertutup untuk transportasi kendaraan. Kota besar Italia umumnya memiliki transportasi umum yang baik.

Bisa nebak, apa yang akan aku bahas di postingan besok? Sub-bab berikutnya adalah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s